Abstract :
Perpustakaan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pemustaka,
begitu juga dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto. Perpustakaan
ini harus mengembangkan pelayanan dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan
pemustaka. Karena menjadi sebuah perpustakaan umum memiliki berbagai jenis
pemustaka. Salah satu pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota
Mojokerto yaitu pelayanan prima. Adanya pelayanan prima yang diterapkan
dengan prosedur dan proses yang benar akan dengan mudah pula petugas
perpustakaan memenuhi kebutuhan pemustaka.
Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data
yang dibutuhkan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis data digunakan
adalah analisis deskriptif dari Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima pada Dinas
Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto masih belum memenuhi kebutuhan
pemustaka. Karena dalam kondisinya Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota
Mojokerto masih banyak sekali yang menjadi faktor penghambat untuk
menerapkan pelayanan prima. Salah satunya SDM yang belum memadai,
khususnya pustakawan yang berperan untuk membantu memperbaiki pelayanan
prima, kemudian fasilitas – fasilitas pendukung pelayanan prima ini dan juga
kegiatan kegiatan yang mencangkup pelayanan prima ini.
Berdasarkan hasil penelitian menciptakan beberapa saran yaitu dengan
mengadakan kegiatan yang membahas layanan prima,melengkapi fasilitas umum
seperti halnya layanan fotocopy dan wifi gratis, dan sebaiknya perpustakaan
menambahkan seorang pustakawan untuk menerapkan layanan prima.