Abstract :
Tujuan Penelitian ini, mengetahui pengaruh perekrutan, kompetensi,
motivasi kerja terhadap gaya kepemimpinan transformasional, dan mengetahui
perekrutan, kompetensi, motivasi kerja, gaya kepemimpinan transformasional
terhadap kinerja. Pendekatan penelitian ini yang digunakan explanatory
research, pengumpulan data menggunakan teknik survei melalui angket dan
wawancara.
Populasi dalam penelitian ini, adalah karyawan Fronliner Costumer
Service, Teller) Populasi dalam penelitian sebanyak 129 orang yang tersebar 15
dikantor cabang Pembantu, dibawah lingkup kerja BNI Cabang Makassar. Teknik
pengambilan sampel dengan metode sensus sebanyak 129 orang Data dianalisis
dengan metode statistik menggunakan SEM dan Software AMOS 2.0
Hasil Penelitian ini, menunjukkan bahwa semakin baik perekrutan,
kompetensi, motivasi kerja dapat meningkatkan gaya kepemimpinan
transformasional, demikian juga sebaliknya pelaksanaan perekrutan tidak
berdasarkan penilaian yang objektik, tidak berdasarkan prosedur dan tahapan
perekrutan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perekrutan berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap kinerja, pada dimensi kompetensi
pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan sikap yang rendah, sangat
mempengaruhi turunnya kinerja, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kompetensi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja
karyawan, pemberian motivasi yang baik sangat berpengaruh untuk peningkatan
kinerja, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hasil penelitian untuk hubungan tidak
langsung perekrutan, kompetensi, motivasi kerja, berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja, yang dimediasi oleh gaya kepemimpinan
transformasional.