DETAIL DOCUMENT
Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Melalui Survei Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Yes, Yayang Agung Wahyudi
Subject
362.11 Hospitals and related institutions 
Datestamp
2021-10-26 05:24:46 
Abstract :
Kualitas pelayanan yang baik dapat dijadikan sebagai tolak ukur atas keberhasilan pelayanan yang diberikan oleh suatu penyelenggara pelayanan, salah satunya adalah kualitas pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Penulis ingin mengetahui sejauh mana Kualitas pelayanan kesehatan yang di berikan dan dapat dijadikan bahan evaluasi bagi Puskesmas Dinoyo kedepanya demi terwujudnya pelayanan prima dengan menggunakan metode Survei Kepuasan Masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah Kuantitatif dengan penjelasan deskriptif, dan memiliki dua Rumusan yaitu mengetahui sejauh mana Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Pelayanan. Memiliki fokus dari 9 indikator sesuai Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat serta memiliki Instrumen penelitian yang jelas, pengambilan data melalui Kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang sudah baik terbukti dari hasil pengukuran melalui Survei kepuasan Masyarakat yang memiliki nilai sebesar 3,18 angka ini masuk dalam Kategori “BAIK” sesuai dengan tabel tingkat kinerja suatu layanan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi No 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Serta memiliki faktor pendukung yang di tarik dari unsur yang memiliki nilai tertinggi yaitu unsur Kompetensi Pelaksana ,untuk faktor penghambat di tarik dari unsur yang memiliki nilai terendah yaitu unsur pengaduan kritik dan saran . Penulis memberikan saran dan rekomendasi kepada Puskesmas Dinoyo Kota Malang terkait faktor penghambat yaitu untuk meningkatkan pelayanan di bidang pengaduan pelayanan sesuai dengan hasil Survei unsur pengaduan pelayanan yang mendapatkan nilai terendah, serta untuk unsur yang sudah baik harapanya lebih di tingkatkan agar Puskesmas Dinoyo Kota Malang dapat lebih optimal dalam pelayanan dibidang kesehatan. 
Institution Info

Universitas Brawijaya