Abstract :
Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan terdapat
tiga rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana gambaran penggunaan aplikasi bisnis kuliner berbasis
informasi? (2) Apakah kekuatan dan kelemahan aplikasi kuliner berbasis sistem informasisebagai
pendukung bisnis? (3) Bagaimana aplikasi bisnis kuliner berbasis sistem informasi mendukung
dalam pengambilan keputusan pemilihan lokasi wisata kuliner?. Sumber data diperoleh dari
informan, observasi, dokumen, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap
yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) penggunaan aplikasi Zomato oleh pengguna maupun pebisnis kuliner dapat
dikatakan mudah, karena hanya melalui beberapa prosedur yang tidak rumit dan sudah terdapat
proses input, processing, dan output data. (2) Kekuatan yang dimiliki oleh aplikasi Zomato dan
Zomato for business sudah dapat mendukung bisnis kuliner, namun masih terdapat beberapa
kekurangan yang perlu diperbaiki. (3) Bentuk dukungan dalam memilih tempat kuliner yang
diberikan Zomato yaitu informasi yang diberikan oleh Zomato dalam Zomato Apps yang berupa
menu, nilai dan ulasan yang diberikan pengguna berdasarkan pengalaman ketika berada disebuah
restoran.