Ungkapan Psikologis Pasien Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Bina Sehat Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Pratama, Endiki Surya Wira
Subject
362.19 Services to patients with specific conditions
Datestamp
2021-11-26 06:28:21
Abstract :
Jumlah pasien DM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut
akan menimbulkan persaingan ketat antar rumah sakit dalam memberikan
sebuah pelayanan. Pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa seperti rumah
sakit harus sesuai dengan keinginan dari pasien. Pada penelitian ini
menggunakan metode kualitatif fenomenologi sehingga didapatkan makna.
Ungkapan psikologis pasien terdiri dari perasaan dan pandangan. Informan pada
penelitian ini adalah pasien yang menderita diabetes melitus tipe 2. Pasien
berusia antara 40-50 tahun dan pernah melakukan perawatan lebih dari 3 kali
kunjungan ke rumah sakit. Hasil dari implikasi pada penelitian ini pihak rumah
sakit harus dapat memahami keinginan dan kemauan dari pasien untuk
meningkatkan kualitas layanan di rumah sakit.