Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Akbar, Muhammad Zulrahman
Subject
658.834 2 Consumer behavior
Datestamp
2021-11-03 02:30:30
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmosphere dan
reference group terhadap keputusan pembelian pada konsumen Djati Lounge
Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling jenis
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan
skala model Likert yang mengukur variabel independen (store atmosphere dan
reference group) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Sampel yang
digunakan berjumlah 100 responden yang pernah melakukan keputusan
pembelian di Djati Lounge dengan minimal nominal transaksi sebesar Rp15.000.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere
dan reference group berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada
uji t diperoleh hasil store atmosphere (X1) dan reference group (X2) berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel store
atmosphere dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian
ini diketahui koefisien determinasi (adjusted R 2 ) sebesar 0,566 yang artinya
bahwa 56,6% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel
independen, yaitu store atmosphere dan reference grup. Sedangkan sisanya
43,4% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel
yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.