Abstract :
Sistem jual beli mulai memasuki era baru dengan adanya teknologi ecommerce.
Namun dalam perkembangannya, sering ditemukan permasalahan
seperti risiko, kemudahan penggunaan dan keamanan yang mengakibatkan
timbulnya persepsi masyarakat mengenai penggunaan teknologi e-commerce.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, persepsi
kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat pembelian online melalui
website AliExpress.com. Penelitian ini menggunakan 110 sampel yang diambil dari
mahasiswa program S1 Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan
adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan
program SPSS 21.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh dari persepsi risiko,
persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat pembelian online
melalui website AliExpress.com. Variabel persepsi risiko berpengaruh signifikan
terhadap minat pembelian online dengan nilai signifikan yaitu 0,012. Variabel
persepsi kemudahan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pembelian
online dengan nilai signifikan 0,013. Serta variabel persepsi keamanan memiliki
pengaruh signifikan pula terhadap minat pembelian online dengan nilai signifikan
sebesar 0,039.