DETAIL DOCUMENT
Strategi Promosi Pada Ayam Goreng Nelongso
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Larasati, Chalista Krisna
Subject
658.82 Sales promotion 
Datestamp
2021-10-16 02:10:27 
Abstract :
Strategi promosi merupakan kegiatan terpenting, yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Strategi promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan oleh Ayam Goreng Nelongso. Jenis penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada strategi promosi yang digunakan oleh perusahaan dalam mendukung aktivitas promosi yang dilakukan dan tanggapan konsumen mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Teknik analisis data meliputi tiga tahapan yaitu: 1) Reduksi Data 2) Penyajian Data dan 3) Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka kesimpulan hasil penelitian mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh Ayam Goreng Nelongso. Dalam menjalankan aktivitas promosi selama ini pemilik Ayam Goreng Nelongso menggunakan dalam melaksanakan kegiatan promosi yaitu menggunakan media instagram, baliho, dan banner dan media tersebut sering digunakan oleh pemilik dalam mempromosikan produk yang ditawarkan. Upaya atau kegiatan promosi yang dilakukan yaitu dengan mengikuti kegiatan CFD (Car Free Day) sepertinya Ayam Goreng Nelongso sedang melakukan event dengan harapan produk dapat diketahui oleh masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa banner dan brosur yang digunakan juga masih sangat terbatas dan media online yang digunakan belum mampu menarik perhatian sehingga media online yang digunakan belum banyak diketahui oleh konsumen. Kegiatan promosi yang dilakukan ketika membuka tempat atau outlet baru maka pemilik menggunakan promosi dengan melakukan atau memberikan makan gratis sampai 1000 porsi secara gratis. Secara umum tujuan dari promosi yang dilakukan yaitu sebagai berikut : 1) Meningkatkan permintaan terhadap produk makan dan minuman yang ditawarkan 2) Meningkatkan kinerja perusahaan dalam upaya untuk melaksanakan tujuan perusahaan dan 3) Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan atau aktivitas atau tujuan yang telah ditetapkan. 
Institution Info

Universitas Brawijaya