Abstract :
Strategi promosi merupakan kegiatan terpenting, yang berperan aktif
dalam memperkenalkan, memberitahukan dan mengingatkan kembali manfaat
suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang
dipromosikan tersebut. Strategi promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi
penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan
tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan
calon konsumen. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan strategi
promosi yang dilakukan oleh Ayam Goreng Nelongso. Jenis penelitian ini
termasuk dalam metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan dengan
wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti
memfokuskan pada strategi promosi yang digunakan oleh perusahaan dalam
mendukung aktivitas promosi yang dilakukan dan tanggapan konsumen mengenai
strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Teknik analisis data meliputi
tiga tahapan yaitu: 1) Reduksi Data 2) Penyajian Data dan 3) Penarikan
Kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka
kesimpulan hasil penelitian mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh Ayam
Goreng Nelongso. Dalam menjalankan aktivitas promosi selama ini pemilik
Ayam Goreng Nelongso menggunakan dalam melaksanakan kegiatan promosi
yaitu menggunakan media instagram, baliho, dan banner dan media tersebut
sering digunakan oleh pemilik dalam mempromosikan produk yang ditawarkan.
Upaya atau kegiatan promosi yang dilakukan yaitu dengan mengikuti kegiatan
CFD (Car Free Day) sepertinya Ayam Goreng Nelongso sedang melakukan event
dengan harapan produk dapat diketahui oleh masyarakat. Hasil analisis
menunjukkan bahwa banner dan brosur yang digunakan juga masih sangat
terbatas dan media online yang digunakan belum mampu menarik perhatian
sehingga media online yang digunakan belum banyak diketahui oleh konsumen.
Kegiatan promosi yang dilakukan ketika membuka tempat atau outlet baru maka
pemilik menggunakan promosi dengan melakukan atau memberikan makan gratis
sampai 1000 porsi secara gratis. Secara umum tujuan dari promosi yang dilakukan
yaitu sebagai berikut : 1) Meningkatkan permintaan terhadap produk makan dan
minuman yang ditawarkan 2) Meningkatkan kinerja perusahaan dalam upaya
untuk melaksanakan tujuan perusahaan dan 3) Mendukung dan
mengkoordinasikan kegiatan atau aktivitas atau tujuan yang telah ditetapkan.