Abstract :
Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of
mouth (E-WOM) terhadap purchase intention reservasi hotel pada situs Airy Rooms yang
dimediasi oleh brand image, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis
penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabelvariabelnya
melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100
responden, 100 responden tersebut ialah individu yang memiliki pengalaman membaca
review online situs Airy Rooms paling tidak sebanyak satu kali. Dengan menggunakan teknik
non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji T dan uji Sobel. Analisis
data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0
untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis yang telah
dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap purchase intention reservasi hotel pada situs Airy Rooms.
Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image
hotel pada situs Airy Rooms. Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase intention reservasi hotel pada situs Airy Rooms. Variabel electronic word
of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention reservasi hotel pada
situs Airy Rooms yang dimediasi oleh brand image, dengan brand image berkedudukan
sebagai mediasi sempurna.