DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penggunaan Media Web MIC-J Shokyuu Nihongo N5 dalam Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Anggraini, Renni
Subject
371.33 Teaching aids, equipment, materials 
Datestamp
2020-11-30 15:53:52 
Abstract :
Web MIC-J adalah contoh media pembelajaran dalam bentuk online untuk bahasa Jepang, memiliki sub bagian bernama Shokyuu Nihongo N5 yang bisa digunakan untuk belajar keterampilan menyimak. Pada saat pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Malang, keterampilan menyimak kurang mendapatkan perhatian yang baik, terutama di kelas XI Lintas Minat sangat dibutuhkan media untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh penggunaan media web MIC-J Shokyuu Nihongo N5 dalam peningkatan hasil belajar menyimak siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang 2) Bagaimana tanggapan siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang setelah penggunaan media web MIC-J Shokyuu Nihongo N5 dalam peningkatan hasil belajar menyimak bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian One group Pretest Posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest menyimak, serta membuktikan bahwa penggunaan media web MIC-J Shokyuu Nihongo N5 berpengaruh positif dan signifikan dalam peningkatan hasil belajar menyimak Bahasa Jepang siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat tinggi terhadap penggunaan Media Web MIC-J Shokyuu Nihongo N5 sebagai media pembelajaran menyimak 
Institution Info

Universitas Brawijaya