Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Richdjoe Barbershop Malang) Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Sembiring, Ardhisa Egamuhti
Subject
658.812 Customer relations
Datestamp
2021-11-02 04:16:00
Abstract :
Malang sebagai kota yang terkenal sebagai kota pelajar menjadi area
potensial bergeraknya industri jasa. Salah satu industri jasa yang digeluti para
pelaku bisnis adalah industri jasa barbershop. Penelitian ini mengidentifikasi
pengaruh kepuasan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada
Richdjoe Barbershop Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Explanatory Research di mana penelitian ini bertujuan untuk menelisik
antara variabel bebas dari kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap
variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan pada Richdjoe Barbershop Malang.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling
aksidental dan sampel pada penelitian ini adalah 97 responden. Bentuk pengujian
menggunakan software SPSS v.21. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak
terdapat pengaruh signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan secara parsial. Sedangkan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Jika diuji secara simultan maka ada
pengaruh antara variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.