Abstract :
Seiring dengan perkembangan zaman, fotografi menjadi sebuah media untuk
merekam realitas dan peristiwa apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Sebuah karya visual berupa fotografi memang banyak diminati oleh masyarakat,
khususnya bagi pencipta foto hingga mereka membentuk sebuah komunitas
fotografi yang bertujuan untuk mengembangkan objek wisata suatu daerah. Saat
ini media fotografi berupa foto wisata menjadi media yang digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada khalayak. Penelitian ini berfokus pada foto wisata
yang menggunakan segitiga retoris pada retorika visual, serta mengidentifikasi
tiga aspek dalam retorika visual dari Sonja K. Foss, seperti simbolis, tindakan
campur tangan manusia, dan kehadiran audien. Tujuan penelitian yaitu untuk
membentuk kontruksi pesan pada hasil karya visual berupa foto wisata oleh
komunitas fotografi di media sosial instagram. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif. Unit analisis yang digunakan berupa 10 foto wisata pada
akun instagram komunitas fotografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
fotografer ingin menyampaikan pesan melalui hasil karyanya kepada audien. Pada
masing-masing karya foto yang dihasilkan memiliki elemen visual yang berbeda
tergantung dari bagaimana fotografer dalam menciptakan sebuah foto. Setiap foto
yang dihasilkan memiliki persamaan, yaitu proses pembuatan pesan menggunakan
tiga aspek visual berupa simbolis, tindakan campur tangan manusia, dan
kehadiran audien. Perbedaan pada 10 jenis foto wisata terletak pada konsep
tentang kehadiran manusia yang terhubung dengan objek lain.