Abstract :
Penelitian ini memberikan gambaran mengenai fenomena foto OOTD dengan
menggunakan #OOTD yang diunggah pada akun Instagram yang kemudian
digunakan oleh penggunanya untuk strategi presentasi diri. Informan dalam
penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Brawijaya. Penelitian ini berfokus
pada bagaimana #OOTD dalam foto OOTD di instagram sebagai strategi
presentasi diri dalam visual culture bagi mahasiswi Universitas Brawijaya.
Merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi visual. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara mendalam dengan
mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan #OOTD dikolom caption
pada foto OOTD yang diunggah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
teori visual culture yag berfokus pada gambar visual di sebuag tradisi yang
sengaja atau tidak sengaja dibentuk oleh manusia. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa instagram digunakan oleh mahasiswi Universitas Brawijaya
untuk mempresentasikan diri mereka melalui foto OOTD dengan menambahkan
#OOTD pada kolom caption dan melalui instagram foto OOTD mereka akan
lebih hidup dengan meningkatnya likes pada foto OOTD yang diunggah. Selain
itu setiap informan memiliki strategi yang berbeda-beda dalam mempresentasikan
diri melalui foto OOTD yang diunggah ke instagram. Penggunaan tagar
memberikan feedback berupa peningkatan likes dan followers pada setiap foto
yang diunggahnya. Penelitian ini juga menemukan bahwa foto OOTD dengan
#OOTD melalui proses editing agar mendapatkan foto dengan kualitas baik dan
untuk mendapatkan pujian atau kesan positif dari pengguna lain.