Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif menonton beauty v-log
Rachel Goddard di FISIP Universitas Brawijaya. Berdasarkan tipe
kebutuhan tambahan yang dikembangkan oleh Katz dalam West&Turner
(2008) peneliti mencari motif berdasarkan teori uses & gratification. Motif
yang dimaksud adalah afektif, kognitif, integratif personal, integratif sosial,
dan pelepasan ketegangan.
Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification yang meneliti efek
penggunaan media massa terutama new media atau internet. Objek
penelitian ini berupa new media, yaitu video V-Log Rachel Goddard di
YouTube. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan 150 kuesioner online.
Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat tiga motif yang paling
mendominasi motif menonton beauty v-log Rachel Goddard di FISIP
Universitas Brawijaya adalah motif pelepasan ketegangan pada item
kejenuhan, sedangkan motif terendah pada penelitian ini adalah motif
integratif sosial pada poin kontak dengan keluarga. Sedangkan motif yang
paling mendominasi dari kelima motif adalah motif Pelepasan ketegangan.