DETAIL DOCUMENT
Factors Influencing Intention to Purchase Using Mobile Banking with Age, Gender and Experience as Moderating Variable
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Lazuardi, Irfan Prima
Subject
658.834 2 Consumer behavior 
Datestamp
2021-11-02 05:36:51 
Abstract :
Perkembangan teknologi saat ini telah berubah dalam melakukan transaksi dari cara yang konvensional ke transaksi secara online. Mengikuti trend tersebut bank menyediakan layanan mobile banking untuk memenuhi keperluan konsumen dalam melakukan transaksi online. Di Indonesia, jumlah pelanggan yang mengadopsi penggunaan mobile banking masih rendah. Penelitian ini menguji factor-faktor yang mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan mobile banking. Dalam penelitian ini, penulis mengunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden yang di gunakan dalam penelitian ini ada 137 karyawan dari Universitas Brawijaya. Data penelitian dan hipotesis dianalisa dengan menggunakan rmodel persamaan structural (SEM) bedasarkan partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa niat untuk menggunakan mobile banking tidak dipengaruhi oleh kredibilitas, resiko, kepercayaan, kemudahan penggunaan dan expektasi performa. Sedangkan pengaruh moderasi umur, jenis kelamin dan pengalaman juga tidak memengaruhi niat untuk menggunakan mobile banking. Semakin tinggi resiko, kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan ekspektasi performa maka semakin besar pula efek terhadap niat menggunakan mobile banking. Sedangkan Semakin tinggi kredibilitas maka semakin rendah efek terhadap niat menggunakan mobile banking. 
Institution Info

Universitas Brawijaya