Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA dan CSR terhadap
nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada
periode 2014 – 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan
merupakan penelitian replikasi dari penelitian-penelitian yang sudah ada.
Penelitian ini menggunakan model regresi. Populasi penelitian ini adalah semua
perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini ada 27 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan pada penelitian ini
dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Variabel yang di teliti adalah variabel
ROA dan CSR sebagai variabel bebas dan nilai perusahaan sebagai variabel
terikat. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel ROA memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada variabel
CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan
ini berarti membuktikan naik atau turunnya nilai ROA akan memberikan dampak
terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR tidak memberikan kontribusi terhadap
perubahan nilai perusahaan.