DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Return On Asset (Roa) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2016)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Putri, Zellyana Iswanto
Subject
658.408 Social responsibility of executive management 
Datestamp
2021-11-02 05:54:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA dan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 – 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan merupakan penelitian replikasi dari penelitian-penelitian yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan model regresi. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 27 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan pada penelitian ini dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Variabel yang di teliti adalah variabel ROA dan CSR sebagai variabel bebas dan nilai perusahaan sebagai variabel terikat. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel ROA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada variabel CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini berarti membuktikan naik atau turunnya nilai ROA akan memberikan dampak terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan nilai perusahaan. 
Institution Info

Universitas Brawijaya