DETAIL DOCUMENT
Strategi Nation Branding “Wonderful Indonesia” Dalam Rangka Peningkatan Pariwisata Tahun 2011-2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Susilo, Rianty Annisa
Subject
327.109 598 Foreign policy and specific topics in international relations (Indonesia) 
Datestamp
2021-10-16 03:44:59 
Abstract :
Di era globalisasi, pola perilaku aktor negara maupun non-negara dalam sistem internasional turut mengalami perubahan, termasuk pada cara yang dilakukan guna mencapai suatu kepentingan. Aktor negara dan non-negara saat ini mulai mengutamakan penggunaan soft power dibandingkan hard power untuk memperoleh kepentingannya. Salah satu cara persaingan negara menggunakan soft power ialah dengan penerapan konsep nation branding strategy untuk mempengaruhi opini publik dengan tujuan membentuk atau memperbaiki citra negara. Negara membutuhkan nation branding yang kuat untuk mampu bersaing di lingkup global untuk memperoleh kepentingan internasional maupun domestik. Penerapan konsep nation branding strategy telah banyak digunakan oleh berbagai negara dalam sistem internasional, termasuk Indonesia. Indonesia membentuk identitas unik bagi negaranya untuk mampu menarik perhatian publik. Keunggulan Indonesia dalam upaya membentuk nation branding ialah melalui sektor pariwisata. Dari keunggulan pariwisata Indonesia, maka dibentuklah slogan dan program “Wonderful Indonesia” yang digunakan sebagai alat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia sekaligus sebagai strategi nation branding. Selain itu, pemerintah Indonesia juga memiliki tujuan lain yaitu untuk meningkatkan daya saing pariwisata diantara negara-negara ASEAN, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, serta untuk meningkatkan citra positif Indonesia. 
Institution Info

Universitas Brawijaya