DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Pengendalian Internal Untuk Meningkatkan Efektifitas Siklus Penjualan Pada PT Smart Chevy Di Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Surabaya
Author
KUSUMAWATY, IRENE
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2014-04-07 19:57:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pengendalian internal pada siklus penjualan PT Smart Chevy scrta memberikan rekomendasi atas kelemahan pengendalian internal sehingga dapat meningkatk.an efektivitas operasional pada siklus penjualan PT Smart Chevy. Penulis memilih area penjualan karena penjualan adalah kegiatan yang berperan penting dalam perusahaan karena merupakan sumber pendapatan untuk membiayai aktivitas dalam perusahaan, Selain itu pendapatan merupakan salah satu faktor penentu kontinuitas operasi perusahaan. Oleh karena itu pengendalian pada siklus penjualan ini perlu di evaluasi agar perusahaan dapat melihat sejauh mana pengendalian internal yang sudah ditetapkan dapat mendukung tercapainya tujuan dan sasaran organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, analisis dokumen dan observasi dalam mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan data penjualan untuk periode 2011. Temuan penelitian menunjukan bahwa keseluruhan pengendalian internal PT Smart Chevy sudah cukup baik tetapi ditemukan beberapa kelemahan-kelernahan dari siklus penjualan yang memerlukan perbaikan. Kelemahan tersebut antara lain perusahaan tidak memisahkan fungsi antara bagian piutang, penagihan dan pencatatan, belum dijakankannya job description dari supervisor salesman dengan baik, perusahaan tidak memiliki dokumen surat jalan, tidak dimilikinya tempat penyimpanan dokurnen, tidak dirnilkiknya prosedur penagihan leasing secara tertulis, tidak dimintanya otorisasi persetujuan pemberian diskon konsumen oleh salesman kepada kepala cabang, mekanik tidak mengetahui tanggal pengiriman. Keiernahan tersebut hams segera diperbaiki agar kegiatan operasional dapat betjalan sesuai dengan harapan perusahaan dan dapat mencapai tujuan perusahaan.  
Institution Info

Universitas Surabaya