DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Destination Image Yogyakarta Terhadap Behavioral Intentions Pada Wisatawan Dosmetik
Total View This Week94
Institusion
Universitas Surabaya
Author

Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2016-05-26 06:06:45 
Abstract :
Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar yang paling berpengaruh di dunia. Pada saat ini pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia dan telah berkembang pesat menjadi industri pariwisata di tiap daerah. Dan pariwisata merupakan sektor utama bagi Daerah Istimewa Yogyakarta yang kental akan budaya dan sejarah. Banyaknya objek wisata dan daya tarik wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyerap kunjungan wisatawan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image Yogyakarta terhadap behavioral intentions wisatawan domestik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 200 responden yang pernah berkunjung ke Yogyakarta dalam 1 tahun terakhir dan pendidikan terakhir SMA. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui pengujian secara statistik. Pengujian dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Analisis of moment structures (AMOS 16). Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa destination image Yogyakarta memiliki pengaruh langsung terhadap behavioral intentions wisatawan domestik. Penilaian destination image dapat diukur melalui variabel infrastructure, attraction, value of money, dan enjoyment. Dan dari keempat dimensi tersebut memiliki nilai rata-rata yang tinggi. Maka dapat diartikan bahwa destination image Yogyakarta sebagai tempat wisata memiliki pengaruh yang baik terhadap wisatawan domestik.  

Institution Info

Universitas Surabaya