Abstract :
Brawijaya Garden Resto merupakan restoran keluarga yang menawarkan berbagai menu makanan tradisional Chinese. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kinerja karyawan Brawijaya Garden Resto serta mengetahui penerapan action control dan personnel control yang sudah dijalan sebelumnya. Namun penerapan action control dan personnel control yang sudah diterapkan butuh perbaikan dan evaluasi agar restoran dapat terus eksis dan berkembang. Penelitian ini termasuk penelitian terapan atau
applied research dimana nantinya penelitian ini dapat memberikan saran dan perbaikan bagi Brawijaya Garden Resto terkait dengan action control dan personnel control. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pada Brawijaya Garden Resto berdasarkan hasil evaluasi peneliti dimana Brawijaya Garden Resto tersebut memiliki permasalahan pengendalian manajemen, sehingga peneliti memberikan kesimpulan permasalahan pengendalian internal yang berkaitan dengan topik sistem pengendalian manajemen yaitu terdiri dari motivational problem, dan lack
of direction. Permasalahan yang terjadi seperti peraturan yang tertulis namun tidak tercetak dan tertempel pada lingkungan kerja, job description dan SOP semua divisi tidak sepenuhnya tertulis dan tercetak, dan kurangnya motivasi karyawan dan disebabkan adanya perilaku pemimpin yang kurang menjadi contoh teladan bagi seluruh karyawan yang ada. Sehingga dengan itu Brawijaya Garden Resto memerlukan evaluasi dan perbaikan pada sistem pengendalian mengenai Action Control, dan Personnel Control