DETAIL DOCUMENT
Peran Experiential Learning Bagi Generasi Z Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Profesi Auditor
Total View This Week0
Institusion
Universitas Surabaya
Author
Santoso, Haychel Alexander
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2024-05-21 07:47:29 
Abstract :
Generasi Z yang dikenal dengan generasi yang melek terhadap teknologi sehingga membuat akses pembelajaran semakin mudah didapatkan dan dicerna. Kemudahan melalui teknologi ini ternyata masih kurang cukup dalam pembelajaran Generasi Z dikarenakan pola dari Generasi Z yang lebih menyukai pembelajaran praktik dibandingkan teoritis. Generasi Z cenderung belajar berbasis konsep learning by doing yang dimana memerlukan praktik secara nyata dan salah satunya bisa melalui experiential learning. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peran experiential learning khususnya bagi Generasi Z untuk meningkatkan pemahaman terhadap profesi auditor terutama dalam konteks magang sebagai auditor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara pada sepuluh narasumber mahasiswa yang sedang menjalani magang di kantor akuntan publik untuk menggali pandangan mereka terhadap pembelajaran praktik. Hasilnya menunjukkan bahwa sebelum menjalani magang sebagai bentuk experiential learning, pemahaman awal profesi auditor diperoleh saat mahasiswa belajar konsep dasar audit, sifat-sifat auditor, dan kompetensi yang diperlukan di kelas. Setelah menjalani magang, terjadi peningkatan pemahaman signifikan tentang tugas dan tanggung jawab seorang auditor. Mayoritas narasumber merencanakan untuk menalnjutkan karir sebagai auditor setelah magang, namun terdapat juga yang merasa tidak puas dengan pengalaman magang mereka. 

Institution Info

Universitas Surabaya