DETAIL DOCUMENT
Harapan Dan Kepercayaan Konsumen Apotek Terhadap Peran Apoteker Yang Berada Di Wilayah Surabaya Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Surabaya
Author
TJONG, JACQUELINE APREYECULIA
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2014-04-02 06:31:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan kepercayaan konsumen Apotek yang berada di Wilayah Surabaya Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Metode sampling yang dipakai adalah Purposive Sampling. Populasi penelitian adalah konsumen yang berkunjung ke Apotek. Diperoleh sampel sebanyak 141 dimana ini telah melebihi target minimum yaitu 96, sampel diperoleh dari beberapa Apotek yang didasarkan tujuh kecamatan yang ada di wilayah Surabaya Timur. Metode pengambilan data dilakukan dengan pembagian kuesioner dan juga dilakukan wawancara untuk mendapatkan informasi tambahan. Harapan terpenting bagi konsumen adalah Apoteker memiliki pengetahuan yang lebih mengenai obat dengan nilai 82,27%. Konsumen sangat menginginkan sebuah informasi yang jelas dan akurat secara langsung dari Apoteker. Berdasarkan Uji Mann-Whitney, didapatkan tidak ada perbedaan harapan antara konsumen yang pernah memperoleh pelayanan secara langsung dari Apoteker maupun yang tidak pernah, dimana nilai p untuk semua item terkait harapan memiliki nilai p > 0.05. Kepercayaan 89 konsumen yang memperoleh pelayanan langsung dari Apoteker terkait jenis-jenis informasi yang dipercaya adalah pemberian saran mengenai obat non-resep, cara mengkonsumsi obat, dan cara mengatasi penyakit-penyakit ringan seperti sakit kepala, batuk dan pilek, diare, konstipasi dan wasir. Informasi terkait produk herbal masih belum dikenal oleh konsumen yang diterimanya dari Apoteker.  
Institution Info

Universitas Surabaya