DETAIL DOCUMENT
Studi Deskriptif : Switching Behavior Pengguna Motor Bebek ke Motor Matic di Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Surabaya
Author
GALANTHE, ERLANGGA
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2014-04-03 06:13:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perpindahan perilaku ( Switching Behaviour) terhadap pengguna motor bebek ke motor matic di Surabaya. Adapun kerangka mengenai customer switching behaviour adalah menurut Ganes,Arnold,Reynolds (2000) bahwa, customer switching behaviour merupakan perilaku konsumen yang telah berpindah dari sebuah merek produk barang atau jasa kepada merek lain barang atau jasa yang sama karena faktor-faktor tertentu. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang. Kemudian, karakteristik sampel dalam penelitian ini adalah konsumen baik pria maupun wanita yang berpendidikan minimal SMA, memutuskan untuk beralih dari motor bebek ke motor matic, menggunakan motor matic minimal selama 3 bulan dan sudah pernah melakukan servis pada motor matic. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan cara pengambilan sampel dengan convenience sampling dimana sampel didapatkan karena kemudahan menemui responden. Alat ukur yang dipakai adalah pengujian validitas dan reliabilitas, mengukur rata-rata (mean), standard deviation, dan coefficient variance lewat bantuan program komputer Excel 2003 for Windows dan SPSS 17 for Windows. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan ke tujuh dimensi Switching Behaviour, memiliki factor loading di atas 0,5 yang berarti bahwa faktor-faktor tersebut penting peranannya dalam pengambilan keputusan oleh konsumen yang memutuskan untuk beralih dari motor bebek ke motor matic di Surabaya. Yaitu Price dengan factor loading yang terbesar yaitu 0,905, Loyalty Program dengan factor loading 0,896, References Group Influences dengan factor loading 0,890, Service Quality dengan factor loading 0,869, Brand Trust dengan factor loading 0,859, Behavioral Reasons dengan factor loading 0,78, dan Switching Cost dengan factor loading 0,752. 
Institution Info

Universitas Surabaya