Abstract :
Desain sarana permainan edukatif adalah suatu rancangan akan
sarana bermain yang memiliki nilai edukasi atau pendidikan bagi anak-anak. Sarana atau alat bantu ini ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun atau masa-masa sekolah dasar. Pada masa sekarang ini, anak-anak usia tersebut umumnya tidak lagi memiliki pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya tra
disional Indonesia, karena mereka hanya terpacu pada perkembangan yang bersifat akademis semata. Kebudayaan
tradisional adalah segala bentuk pemikiran manusia berupa adat istiadat,kesenian, kepercayaan yang telah turun-temurun. Namun saat ini kebudayaan sudah mulai dilupakan oleh generasi muda yang tenggelam dalam dunia teknologi. Salah satu bentuk budaya yang mulai terlupakan tersebut adalah pewayangan. Wayang saat ini sudah mulai terlupakan
karena dianggap tidak menarik, untuk itu perlu adanya suatu desain untuk membuatnya kembali dicintai khususnya oleh
anak-anak.Dengan menggunakan metode kreatif dan observasi, sarana permainan edukatif yang bernama Kotak Dongeng akan menjadi solusinya. Kotak Dongeng mengangkat kembali pewayangan dan menyajikannya dengan tampilan yang lebih menarik serta sistem permainan yang tidak hanya mengasyikkan namun juga akan memacu kreativitas
dan imajinasi anak yang memainkannya.
Kreativitas dan juga imajinasi menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan anak.
Dengan Kreativitas dan juga imajinasi yang baik anak akan berkembang menjadi pribadi yang lebih unggul di masa mendatang