DETAIL DOCUMENT
The analysis of jargon used by english speaking K-Pop Fans on twitter exemplified by BTS and Blackpink
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Widiya Saputri, (NIM. 5031611052)
Subject
PR English literature 
Datestamp
2023-05-23 03:38:47 
Abstract :
Penelitian ini menganalisis jargon yang digunakan oleh komunitas penggemar K-Pop, terutama penggemar BTS dan Blackpink. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi, menemukan bentuk dari jargon dan kemudian mendeskripsikan bagaimana jargon memperkuat identitas dari penggemar K-Pop. Metode penelitian yang digunakan untuk menemukan aspek-aspek tersebut adalah deskriptif kulaitatif. Ada 2 teori yang digunakan dalam menganalisis data, yaitu teori bentuk-bentuk jargon dari Halligan dan teori kesadaran kolektif oleh Durkheim. Data penelitian in adalah cuitan dari penggemar BTS dan Blackpink dari bulan januari 2021 sampai Mei 2022. Hasil penelitian ini menujukan ada 4 bentuk jargon dari 38 jargon yaitu kata, frasa, akronim dan singkatan. Bentuk yang paling banyak ditemukan adalah kata, yaitu 18 jargon, selain itu ada 14 frasa, 1 akronim dan 4 singkatan. Selanjutnya, ada 3 elemen dari kesadaran kolektif untuk memperkuat identitas yang ditemukan pada penelitian ini yaitu berbagi nilai yang sama, berbagi kepercayaan yang sama dan melakukan ritual bersama. Sehingga, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa penggunaan jargon di komunitas K-Pop menunjukkan kedekatan khusus antar anggota komunitas dan memperkuat solidaritas dan identitas dari komunitas penggemar K-Pop. 
Institution Info

Universitas Bangka Belitung