DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Muntok
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Meilanni Parliana, (NIM. 3021911055)
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2023-12-07 08:26:15 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan teknologi informasi salah satunya adalah e-commerce. Keberadaan e-commerce menjadi salah satu faktor pendorong berkembangnya layanan pengiriman express di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna jasa pengiriman PT.JNE Cabang Muntok. Penelitian ini termasuk penelitian analisis deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jasa pengiriman PT. JNE Cabang Muntok berada pada kategori sangat baik. Hasil pengujian analisis regresi linier berganda menunjukkan Y = 0,866 + 0,700 X1 + 0,909 X2 + 0,302 X3 + 1,184 X4 + 0,950 X5. Berdasarkan uji t bahwa daya tanggap berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan bukti fisik, kehandalan, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R^2) menunjukkan determinasi (R^2) pada penelitian ini sebesar 0,680 dan masih ada 32,0 persen variabel lain diluar penelitian yang masih dapat dikembangkan oleh penelitian selanjutnya. 
Institution Info

Universitas Bangka Belitung