DETAIL DOCUMENT
Pengaruh E-Commerce dan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Gen-Z di Kota Pangkalpinang: Peran Kontrol Diri sebagai Moderasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Wendi, (NIM. 3022011112)
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-06 01:46:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel E-Commerce Dan EMoney terhadap Perilaku Konsumtif Gen-Z di Kota Pangkalpinang dengan Peran Kontrol Diri Sebagai Moderasi. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yakni metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode penentuan sampel yakni Nonprobability Sampling dengan teknik purposive sampling yang mendapatkan 100 responden yang merupakan Gen Z di Kota Pangkalpinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS (Partial Least Square) untuk menguji variabel dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) E-commerce (Shopee) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kota Pangkalpinang, (2) E-money (Paylater) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kota Pangkalpinang, (3) Kontrol diri berpengaruh positif dalam memoderasi hubungan antara E-commerce (Shopee) dan perilaku konsumtif generasi Z di Kota Pangkalpinang, (4) Kontrol diri tidak berpengaruh positif dalam memoderasi hubungan antara e-money (paylater) dan perilaku konsumtif generasi Z di Kota Pangkalpinang, dan (5) Kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan dalam membtasi perilaku konsumtif Gen-Z di Kota Pangkalpinang. 
Institution Info

Universitas Bangka Belitung