Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Andri Yadi, (NIM. 1041011040)
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Datestamp
2018-07-26 07:07:25
Abstract :
Semakin pesatnya perkembangan suatu wilayah maka akan diikuti pula dengan meningkatnya volume lalu lintas yang terjadi di kota Pangkalpinang. Hal ini sering diakibatkan oleh perilaku manusia yang kurang mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hal lain yang mempengaruhi kemacetan lalu lintas disebabkan pula dengan adanya parkir dibadan jalan dan adanya pedangang kaki lima yang berjualan dibadan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengukur kinerja lalu lintas pada ruas jalan Solihin Gp akibat adanya pasar dan sekolah dikawasan Pasar Kampung Asam Kota Pangkalpinang dan untuk Mengetahui kondisi lalu lintas kendaraan yang menuju Pasar Kampung Asam Kota Pangkalpinang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI), 1997. Hasil perhitungan analisa didapat dari pengolahan data survei dilapangan yang mana data tersebut telah dirubah ke satuan mobil penumpang (SMP) dan kemudian dianalisa sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Kondisi kinerja lalu lintas yang terjadi akibat adanya pasar dan sekolah dikawasan pasar Kampung Asam dengan nilai derajat kejenuhan (DS) 0,22, FV =48,12 km/jam yang pada kondisi dilapangan kecepatan (V) yang ditempuh untuk mobil 17,45 km/jam dan motor 20,41 km/jam dan kapasitas (C) = 4480,6 smp/jam.Analisis dampak lalu lintas yang terjadi akibat adanya pasar dan sekolah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kendaraan yang parkir dibadan jalan yang hampir memakai setengah badan jalan, pejalan kaki, pedagang kaki lima yang berjuaalan dibadan jalan dan korelasi antara kendaraan yang masuk dan keluar Pasar dan sekolah dengan tingkat pelayanan jalan, dimana termasuk dalam tingkat pelayanan A.