Abstract :
Penelitian ini bermaksud meneliti Apakah ada pengaruh Pelatihan (X1) dan komitmen guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) di Sekolah Dasar Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur. Peneliti menggunakan instrument kuesioner sebagai pendukung variabel dengan pernyataan pernyataan yang meliputi ketiga variabel dengan dimensi dan indikatornya. Peneliti menyebar kuesioner sebanyak 98 responden dan semua variabel yang dihasilkan sebagai syarat uji. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitaif serta asumsi uji klasik dan analisis regresi berganda tujuannya adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variable pelatihan dan komitmen guru secara parsial atau secara simultan atau secara bersama-sama terhadap variable kinerja guru Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur dengan analisis data menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan komitmen guru terdapat pengaruh terhadap kinerja guru. Dengan demikian dapat di hasilkan secara positif dan signifikan bersama-sama variable Pelatihan dan Komitmen Guru berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Kinerja Guru.
Kata Kunci : Pelatihan, Komitmen Guru , Kinerja Guru