Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan signifikansi antara variabel budaya organisasi dan kepemimpinan Flight Service Manager terhadap motivasi kerja awak kabin PT.Garuda Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 294 karyawan PT.Garuda Indonesia dalam unit Cabin Service. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner skala likert. Terdiri dari empat hipotesa (H1a personal budaya organisasi, H1b non-personal budaya organisasi, H2a personal kepemimpinan, dan H2b non-personal kepemimpinan). Metode yang digunakan adalah analisis data menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa H1a: ada hubungan/pengaruh positif antara variabel laten NPerBO (Aspek Non Personal Budaya Organisasi) terhadap motiv (Motivasi); H2b: Ada hubungan/pengaruh positif antara variabel laten NPerKep (Aspek Non Personal Kepemimpinan) terhadap Motiv (Motivasi)
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kepemimpinan Flight Service Manager, dan Motivasi Kerja.