Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Jaya 01 Tambun Selatan yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Sumber Jaya 01. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti memasuki tempat penelitian dan mengamati serta mencari data dan informasi yang ada disekolah sesuai dengan focus penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi responden wawancara dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru-guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah secara
umum telah menjalankan perannya sebagai pemimpin, yang akan
dipaparkan sebagai berikut : 1) Dalam melakukan pembinaan kepala sekolah SDN Sumber Jaya 01 memberikan contoh disiplin dalam sikap keseharian seperti disiplin waktu, berpakaian selalu rapi, dan mengutamakan kebersihan, penampilan maupun lingkungan. Sehingga keteladan ini menjadi panutan bagi para guru. 2) Kepala sekolah SDN Sumber Jaya 01 memberikan motivasi kerja dalam bentuk pemberian insentif. 3) Dalam melakukan pengawasan kepala sekolah SDN Sumber Jaya 01 sangat memperhatikan administrasi guru, salah satu bentuk yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan kelas. 4) Kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya dalam pengunaan media pembelajaran, selain itu sekolah negeri juga dihadapkan dengan siswa-siswa yang kemampuan belajarnya kurang seperti membaca, menulis dan berhitung maka guru berupaya membuat siswa-siswa untuk bersemangat dalam
belajar agar bisa bersaing dengan sekolah lainnya. Sehubungan dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, maka setiap akhir pekan dan semester selalu diadakan rapat kerja.
Kata Kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, Kinerja guru