Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kecerdasan emosional pelajar SMK terhadap toxic behavior dalam bermain gim
daring Mobile Legends. Penelitian ini menggunakan metode survei dan
pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa SMK Karya Guna 2 Bekasi yang bermain gim daring Mobile Legends
minimal 1 tahun. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling
dengan 94 responden dan menggunakan SPSS Versi 25.
Berdasarkan hasil data yang telah diuji dan dianalaisis dengan perhitungan
melalui SPSS versi 25 didapatkan hasil yaitu: (1) Hasil persentase kecerdasan
emosional siswa SMK Karya Guna 2 Bekasi sebesar 80% hingga 68% dan berada
pada kategori kuat, (2) hasil persentase toxic behavior sebesar 56% hingga 28% dan
berada pada kategori cukup hingga lemah, (3) Berdasarkan uji regresi linear
sederhana terdapat pengaruh negatif secara signifikan antara kecerdasan emosional
terhadap toxic behavior dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,260 serta berada
pada kategori lemah dengan nilai -0,370.