Abstract :
Perkembangan dalam bisnis atau usaha dibidang jasa kini menjadi aspek penting
dalam meningkatkan kualitas ekonomi suatu negara. Pelanggan menjadi faktor
utama dalam mendapatkan keuntungan berbisnis. Komunikasi menjadi dasar
penting dalam membentuk suatu hubungan dengan pelanggan.. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi antara
pemilik usaha ?Karonta Carwash? dengan tujuan utamanya adalah untuk meraih
loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode
penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas data, peneliti
menggunakan triangulasi sumber lewat perbandingan hasil pengamatan dengan
data hasil wawancara. Dalam penelitian ini ditemukan lima kualitas umum
efektivitas komunikasi interpersonal menurut Devito tahun 1995 yaitu keterbukaan
dengan bersikap transparan kepada pelanggan, kemudian empati dengan dapat
memahami setiap permasalahan pelanggan, lalu sikap saling mendukung dengan
cara saling memberikan support, lalu sikap positif dengan selalu memberikan
senyuman dan menunjukkan citra positif kepada pelanggan, dan kesetaraan dengan
cara pemilik usaha menempatkan dirinya setara dengan pelanggan. Melalui tahapan
tersebut pemilik usaha berhasil mendapatkan kepuasaan dan kepercayaan
pelanggan. Dengan terbentuknya kepercayaan dan kepuasaan dalam suatu
hubungan, maka akan dapat terciptanya juga suatu bentuk loyalitas.