DETAIL DOCUMENT
Komunikasi Interpersonal Antara Pemilik Usaha Dengan Pelanggan Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan di ‘Karonta Carwash’
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Author
Aprilio, Raynaldo
Subject
Jurnalisme 
Datestamp
2024-03-25 06:34:18 
Abstract :
Perkembangan dalam bisnis atau usaha dibidang jasa kini menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas ekonomi suatu negara. Pelanggan menjadi faktor utama dalam mendapatkan keuntungan berbisnis. Komunikasi menjadi dasar penting dalam membentuk suatu hubungan dengan pelanggan.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi antara pemilik usaha ?Karonta Carwash? dengan tujuan utamanya adalah untuk meraih loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber lewat perbandingan hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Dalam penelitian ini ditemukan lima kualitas umum efektivitas komunikasi interpersonal menurut Devito tahun 1995 yaitu keterbukaan dengan bersikap transparan kepada pelanggan, kemudian empati dengan dapat memahami setiap permasalahan pelanggan, lalu sikap saling mendukung dengan cara saling memberikan support, lalu sikap positif dengan selalu memberikan senyuman dan menunjukkan citra positif kepada pelanggan, dan kesetaraan dengan cara pemilik usaha menempatkan dirinya setara dengan pelanggan. Melalui tahapan tersebut pemilik usaha berhasil mendapatkan kepuasaan dan kepercayaan pelanggan. Dengan terbentuknya kepercayaan dan kepuasaan dalam suatu hubungan, maka akan dapat terciptanya juga suatu bentuk loyalitas. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya