Abstract :
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga jual dan potongan harga (diskon) terhadap peningkatan volume penjualan kaca pada PT Mulia Glass Float Division. Dari penelitian menemukan bahwa volume penjualan kaca memiliki kekuatan dan kelemahan dalam hal potensi pengembangan dan keberlanjutan usaha. Pengembangan ini akan meningkatkan keuntungan (laba) perusahaan.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa dokumen-dokumen dan laporan tertulis dan informasi lain yang ada hubungannya dengan penelitian. Adapun harga jual (X1) dan potongan harga (X2) adalah variabel independen dan volume penjualan sebagai variabel dependen (Y). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisa data adalah regresi linier berganda dengan memakai metode Ordinary Least Square (OLS). Data yang diproses menggunakan Eviews 7.
Dalam persamaan model, volume penjualan adalah sebagai variabel terikat sedangkan harga jual dan potongan harga (diskon) adalah sebagai variabel bebas.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan Eviews 7 maka dapat diketahui bahwa variabel-variabel independen yaitu harga jual dan potongan harga (diskon) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari Distribusi F atau F-stat sebesar 58,63. Maka dapat disimpulkan harga jual dan potongan harga (diskon) berpengaruh sebesar 58,64 % terhadap volume penjualan, sedangkan sisanya 41,37 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam estimasi model.
Kata kunci : harga jual, potongan harga (diskon) dan volume penjualan