Abstract :
Penelitian ini hertujuan untuk mengetahui mutu pada tahap perakitan
primary spool yang dihasilkan oleh PT. Denso Indonesia Corporation
menggunakan metode peta kendali p dan six sigma serta rnengetahui penyehah
terjadinya spool cacat karena jatuh pada tahap perakitan primary spool
menggunakan metode diagram sehah akihat. Penelitian ini memfokusbn pada
pencegahan atau mengurangi spool cacat karena jatuh dengan membuat Standard
Operational Procedure (SOP). Sumher data yang digunakan adalah data cacat
tahap perakitan primary spool ada lah periode 16 Mei s/d 6 Agustus 2008.
Hasil penelitian menggunakan metode peta kendali p menunjukkan hahwa
kecacatan yang terjadi pada tahap perakitan primary spool berada dalam batas
pengendalian sedangkan tingkat mutu yang dicapai oleh perusahaan adalah 5,2
sigma berdasarkan metode six sigma.
Penyehah spool cacat karena jatuh adalah pemindahan spool ke arah kanan
270°, peletakkan spool di pallet tidak teratur dan penyusunan spool di pallet
heruhah-uhah .
Pencegahan spool cacat karenajatuh sa lah satunya dapat dilakukan dengan
membuat SOP tentang cara pemindahan spool ke pallet dan cara peletakkan spool
di pallet. Dengan demikian, rata-rata jumlah spool cacat karena jatuh menurun
dari II , II % menjadi 5,44% (dari total cacat pada tahap pera kit