Abstract :
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi. Teknik sampling yang digunakan teknik sampling sensus. Artinya semua surat pembaca yang ada di kompas.com penulis jadikan bahan penelitian dan unit analisis adalah naskah surat pembaca yang dimuat dalam kompas.com periode 2012. Tujuan Penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui bidang masalah apa saja yang dikomplain oleh konsumen atau pelanggan melalui surat pembaca di KOMPAS.com. (2) Untuk mengetahui kesesuaian masalah yang dikomplain oleh konsumen atau pelanggan dengan jawaban perusahaan melalui surat pembaca di KOMPAS.com. Hasil yang diperoleh dalam skripsi ini yaitu Surat pembaca yang dimuat di media Kompas.com selama periode 2012, sebanyak 271 surat pembaca. Surat pembaca yang dimuat di media Kompas.com selama periode 2012, sebanyak 271 surat pembaca. Dibalas oleh perusahaan atau instansi yang dituju sebanyak 164 surat pembaca. Sedangkan instansi yang dituju terdiri dari Telekomunikasi, Perbankan, Umum, Transportasi, Jasa Pengiriman. Berdasarkan bidang masalah yang di bahas kecenderungan instansi perbankan. Saran yang diberikan yaitu Kompas.com tidak memuat terlalu lama dari tanggal surat pembuatan di media Kompas.com dan setiap perusahaan atau instansi yang dituju seharusnya membalas surat yang ditujukan.
Kata kunci: Komplain, Pelanggan