Abstract :
Saat ini peran, tugas, dan tanggung jawab Siswa Diktuk Brigadir Polwan tidak hanya dihadapkan pada pencapaian keberhasilan di bidang akademik saja, tetapi juga mampu menunjukkan perilaku untuk mengeksplorasi berbagai nilai-nilai kehidupan. Namun, berdasarkan hasil pengamatan, peneliti menemukan fenomena bahwa Siswa Diktuk Brigadir Polwan yang dididik di Sekolah Polisi Wanita tidak sedikit yang memutuskan mengikuti pendidikan dengan latar belakang paksaan orang tua, faktor favoritnya sebuah pekerjaan dan berbagai mengikuti ternan . Hal tersebut tentunya menjadi gambaran bahwa rendahnya locus of control internal didalam diri mereka, menjadi salah satu prediktor ada tidaknya kematangan berkarir. Menurut Naidoo (1998), salah satu aktor yang mempengaruhi kematangan berkarir adalah locus of control. Hasil penelitian Dhillon dan Kaur (2005) menunjukkan bahawa individu dengan tingkat kematangan karir yang baik cederung memiliki orientasi locus of control internal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Pendidikan Pembentukan Brigadir Polwan Angkatan XLII . Tahun Anggaran 2013 berjumlah 500 siswa. Sebagai perwakilan dari sampel yang digunakan adalah sejumlah 250 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dimana peneliti memilih sampel berdasarkan yang mudah ditemukan. Alasan pemilihan teknik tersebut diiakukan mengingat keterbatasan waktu Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Ada pengaruh yang signifikan Locus Of Control dan sikap karir terhadap kematangan karir Siswa Pendidikan Pembentukan Brigadir Polwan Angkatan XLII Tahun Anggaran 2013. Hal ini berarti hipotesis mayor H1 diterima.
Kata kunci : Tingginya tingkat Locus Of Control akan berpengaruh pada kematangan berkarir.