Abstract :
Karya tulis ini dimaksudkan sebagai laporan atas penelitian yang penulis lakukan di
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kampus II Bekasi, yakni menyangkut Motif
penggunaan jejaring social facebook oleh mahasiswa fakultas ilmu komunikasi
universitas bhyangkara Jakarta raya kampus II bekasi dan kepuasan akan informasi.
Tuj uan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan an tara motif
penggunaan facebook sebagai media komunikasi (variable x) dengan tingkat
kepuasan informasi (variable y).
Berdasarkan analisis SPSS versi 14.00 dapat dikemukakan bahwa nilai korelasi
antara motif penggunaan facebook dengan tingkat kepuasan informasi sebesar 0.901
atau (0.901 %). Artinya ada hubungan antara motif penggLmaan jejaring social
facebook dengan tingkat kepuasan informasi.jika dirujuk pada pendapat Guilford
bahwa basil penelitian ini mempunyai hubungan yang tinggi atau mempunyai
hubungan yang kuat.
Rekapitulasi jawaban responden mengenai motif penggunaan facebook sebanyak 86
orang atau 86% mengatakan setuju, sedangkan rekapitulasi jawaban mengenai
kepuasan informasi sebanyak 89 orang atau 89% mengatakan sangat puas. Maka itu
penulis menyarankan agar pemilihan media informasi haruslah yang sesuai dengan
kebutuhan.
Kata Kunci : Motif Penggunaan, Facebook, Kepuasan lnformasi.