Abstract :
Peran Public Relations (PR) menghubungkan organisasi dengan publiknya.
Menjaga komunikasi dan membangun relasi serta memperbaiki hubungan dengan
relasi perusahaan merupakan lingkup dalam komunikasi efektif. Dengan adanya
perkembangan teknologi yang semakin canggih ini Humas Kementerian Sosial RI
berupaya menggunakan teknologi informasi intranet tersebut untuk memperlancar
komunikasi internal perusahaannya agar komunikasi tercipta lebih efisien dan
menjaga agar informasi dapat terns berjalan kepada seiuruh departemen dan
bagian-bagian didalamnya mengenai seluruh kegiatan dan aktifitas karyawan yang
dapat membantu menyelesaikan tugas-tugas karyawan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan
teknologi intranet sangat membantu karyawan dalam memperoleh kepuasan
informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerJaaa menjadi lebih cepat dan
efektif. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakanlah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner sebagai alat pengumpul data.
Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik
sampling berstrata disproporsional yakni karyawa.Tl. Setjen Kementerian Sosial RI
yang berjumlah 53 orang yang terbagi dalam 6 biro yaitu biro perencanaan
sebanyak 5 orang, biro keuangan sebanyak 5 orang, biro organisasi dan
kepegawaian sebanyak 9 orang, biro umum sebanyak 27 orang, pusat penyuluhan
sosial sebanyak 3 orang dan pusat kajian hukum sebanyak 4 orang.
Sebagian besar responden dalam penelitian ini menyatakan bahwa
pemanfaatan teknologi intranet "Dimanfaatkan" sebanyak 28 orang (53%),
sehingga responden sebanya.lc 34 orang (64%) merasa "Puas" akan informasi yang
diperoleh dati intranet Kementerian Sosial RI. Hal ini disebabkan karena dapat
membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah.
Kata Kunci : Pemanfaatan Teknologi Intranet, Kepuasan Informasi