Abstract :
Cross Member Comp Compression Rod Adalah sebuah part yang terletak di
bawah kabin mobil Suzuki APV untuk menyatukan chasis anatara frame kiri dan
frame kanan. Penulis mengangkat masalah ini karena dilatar belakangi masalah
kualitas yang tinggi pada part Cross Member Comp Compression Rod dibandingkan
dengan part yang lainnya dan penulis bertujuan untuk menganalisa bagaimana
pengendalian kualitas Cross Member Comp Compression Rod dan potensi-potensi
yang dapat menyebabkan spater masuk ke dalam nut part Cross Member Comp
Compression Rod serta menganalisa efek improvement yang dilakukan di PT.
Metindo Era Sakti.
Hasil analisa dari penulis terdapat 134 Pieces masalah nut seret yang terjadi
dari bulan maret sampai dengan Mei, jika ditinjau dari masalah yang lain yang terjadi
pada part Cross Member Comp Compression Rod sebanyak 93,7% pada diagram
pareto adalah masalah nut seret karem spater. Analisa pengendalian kualitas
menggunakan perbaikan (Improvement) dan alat bantu statistik berupa: Diagram
pareto, Diagram sebab akibat, Check sheet dan Peta kendali P. Dari Penelitian didapat
pula bahwa improvement berdampak besar bagi perusahaan karena mampu menekan
masalah nut seret karena spater hal ini dapat terlihat karena pada bulan September
dan selanjutnya sudah tidak ada lagi masalah nut seret yang terjadi
Dapat disimpulkan bahwa pengendalian kualitas metindo berjalan baik karena
mampu menekan proses perpindahan yang sebelumya 4,35 jam menjadi tidak ada,
dan potensi spater masuk ke dalam nut pun hilang karena setelah improvement selesai
dilakukan pada bulan September dan bulan berikutnya, masalah nut seret karena
spater tidak terulang lagi serta improvement terbukti mampu menekan part No Good
terkirim ke konsumen karena masalah tersebut turun hingga 100% atau hilang.