Abstract :
PT. Pabrik Kertas Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam
pembuatan kertas dengan bahan. baku kertas bekas. Seiring dengan
berkembangnya permintaan konsumen meningkat maka perusahaan harus
meningkatkan daya guna mesin produksi serta mengurangi waktu menganggur
mesin akibat rusak.
Oleh sebab itu dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan
Reliability Centered Maintenance untuk menganalisis sistem tersebut agar
mengetahui komponen kritis pada mesin yang rusak. Dari basil analisis dengan
menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance diperoleh bahwa
komponen kritis pada section PM 1 adalah bearing cylinder, bearing main press,
bearing main dryer dan v-belt main 'motor. Interval penggantian komponen yang
optimal dengan meminimalkan downtime untuk bearing cylinder 103 hari,
bearing main press 97 hari, bearing main dryer 95 hari dan v-belt 120 hari. Suatu
perencanaan pemeliharaan untuk Section PM 1 adalah condition directed
sebanyak 73,8%, finding failure 7,7%, dan run to failure 18,5 %. Sedangkan
penghematan penggantian biaya komponen kritis adalah bearing cylinder
sebanyak 83,02%, bearing main press 50,38%, bearing main dryer 82,91% dan vbelt
main motor 60,50%.
Kata kunci: Reliability Centered Maintenance, Perencanaan Pemeliharaan,
Penghematan Biaya Penggantian Komponen.