Abstract :
Buku digital merupakan sebuah kegiatan Pengembangan buku digital saat
ini sangatlah diperlukan untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran pada
siswa. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan menguji apakah dengan
penggunaan buku digital pada materi tata surya efektif dapat digunakan dalam
proses pembelajaran, yang secara langsung akan meningkatkan penyerapan
pemahaman siswa serta mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan buku
digital pada materi tata surya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen, sebagai populasi
dalam penelitian ini adalaha siswa kelas VI SON Buni Bakti 0 I, pengambilan
sampel dilakukan dengan cara metode eksplanasi eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Buku digital pada materi tata
surya pada pelajaran IPA sebagai sumber belajar efektif dapat meningkatkan
penyerapan pemahaman siswa. 2) presentase belajar siswa yang menggunakan
buku digital lebih meningkat.
Kata Kunci : Buku digital, pembelajaran