Abstract :
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat terutama
perkembangan internet sangat berpengaruh terhadap sistem pembelajaran yang
ada di dunia pendidikan. Salah satu pengaruhnya ialah dengan lahirnya E-learning
sebagai sistem pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik
khususnya internet dalam proses pembelajarannya. Salah satu kelebihan E-Learning
ialah proses pembelajaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
Dalam perkembangannya, lahirlah beberapa standard yang digunakan
sebagai acuan dalam pembuatan dan perkembangan £-learning. Salah satunya
ialah standard yang di keluarkan oleh ADL yaitu SCORM 2004. Terdapat tiga
aspek utama untuk standard ini. pertama, sistem harus dengan mudah
memberikan petunjuk yang dapat dimengerti dan diimplementasi oleh pengguna
dalam hal ini adalah pengajar. Kedua, yaitu sistem harus dengan mudah dipakai,
dimengerti dan digunakan oleh sebanyak mungkin pengguna. Ketiga, sistem harus
mengizinkan perubahan model pembelajaran yang dikehendaki oleh pengguna
dalam hal ini adalah pengajar.
Berdasarkan uraian di atas, untuk menunjang proses pembelajaran
algoritma dan pemrograman di fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta
Raya, maka dibangunlah sebuah E-learning dengan menggunakan standard
SCORM 2004. Dengan menggunakan E-Learning her-standard SCORM 2004
sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu dan memudahkan
mahasiswa dalam memperdalam materi algoritma dan pemrograman tanpa
dibatasi oleh ruang dan waktu.
Kata Kunci : E-Learning, LMS, SCORM 2004, SCORM