Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapakah pengaruh
marketing mix terbadap loyalitas konsumen kartu prabayar Indosat M3. Metode
yang digunakan adalah metode analisis dengan alat hitung korelasi Rank
Spearman, Uji t, dan Analisa Rentang Kriteria.
Keadaan pasar yang ketat saat ini, tidak cukup diantisipasi dengan
melayani konsumen secara optimal, akan tetapi barus juga mempertimbangkan
persaingan yang ada. Agar perusahaan mampu bersaing dengan provider lainnya,
maka perusahaan barus mempunyai cara yang mampu bersaing, cara tersebut
adalah mengembangkan Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Place,
People, Process) yang ada.
Dari basil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup kuat
antara marketing mix terbadap loyalitas konsumen kartu prabayar Indosat M3,
dengan tingkat signifikan koefisien determinasi sebesar 0,653.
Dilibat dari basil uji t maka empat variabel marketing mix, produk
mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,223 ; barga sebesar 0,021 ; promosi
sebesar 0,594; dan distribusi sebesar 0,103. Variabel promosi dalam marketing
mix mempunyai tingkat signifikansi sangat kuat dibandingkan variabel lainnya.