Abstract :
Pennainan edukatif (Educational Game) merupakan sebuah kegiatan mendidik yang dilakukan dengan menggunakan cara atau alat permainan yang bersifat mendidik. Educational Game atau Edu Game merupakan salah satu
format pembelajaran berbatuan komputer berbasis multimedia yaitu dengan
format permainan. Tujuan di terapkanya Edu Game dalam proses pembelajaran
pengenalan huruf Alfabet Bahasa Indonesia di TK. Islam Tahta Syajar adalah
untuk meningkatkan penguasaan siswa pada pengenalan huruf yang merupakan
dasar pembelajaran membaca dini. Edu Game ini diharapkan bisa menjadi solusi
dari kendala yang biasa ditemui pada metode pembelajaran konvensional yang
selama ini diterapkan (khususnya bagi siswa pada tingkat Low) seperti mudah
bosan, kurang fokus, dan mampu memenuhi keinginan anak yang memiliki
kecenderungan pola belajar yang lebih suka bennain. Pemanfaatan Edu Game
juga mampu memenuhi rasa ingin tahu anak yang sangat besar pada usia
prasekolah (3-6 tahun).