Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan newsletter "Cip
News" dengan tingkat kepuasan informasi bagi karyawan PT Cipta Himayata.
Metode yang digunakan dalam penelilian ini adalah survey dengan pendekatan
kuantitatif yang bertujuan korelasi dengan membandingkan dua variabel yang terdiri
dari pemanfaatan dan kepuasan. Jumlah sampel yang disurvey sebanyak 54 orang.
Dalam penelitian ini, menggunakan teori tentang media yakni Uses and Gratification
Teori ini mempertimbangkan apa yang dilakukan orang pada media, yaitu
menggunakan media untuk pemuas kebutuhannya.
Hasil penelitian menyatakan hubungan pemanfaatan dengan tingkat kepuasan
informasi bagi karyawan mendapatkan hasil hubungan yang rendah tetapi pasti. Dapat
dilihat pada tabel korelasi yang menunjukkan 0,348. Jadi dapat disimpulkan bahwa
newsletter sudah dapat dimanfaatkan dan meningkatkan kepuasan informasi
karyawan PT Cipta Himayata baik informasi yang berkaitan dengan hal manajemen
maupun non manaJemen.
Untuk meningkatkan kepuasan informasi pada pemanfaatan Newsletter "Cip News"
maka hendaknya newsletter terbit dengan frekuensi 1 bulan sekali agar karyawan
menerima informasi yang masih aktual, perlu ditingkatkan lagi dalam hal desain,
tulisan dan juga menambah rubrik seperti rubrik. kuis serta perlu adanya penambahan
staf PR sendiri yang khusus mengelola langsung media internal agar lebih maksimal
dan lebih baik lagi dalam segi tata pengelolaannya.