DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Brand Equity Apple Terhadap Keputusan Pembelian Dimasa Mendatang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Author
Astuti, Ayu Arta Puji
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2021-05-18 05:38:29 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek-merek lama dan kemunculan berbagai merek-merek baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk gadget. Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Apple untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut. Adapun masalah penelitian ini adalah "apakah elemen-elemen ekuitas merek (brand equity) pada produk gadget merek Apple dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk gadget merek Apple?". Penelitian ini secara khusus menguj i elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk gadget merek Apple. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Brand Equity Apple terhadap keputusan pembelian dengan menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM). Yariabel yang digunakan adalah kesadaran merek (brand awaraness), presepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brand association), dan loyalitas merek (brand loyality) Teknik analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menggambarkan hubungan variabel Iaten dengan indikatornya (measurement model) dan untuk menggambarkan hubungan antar variabel-variabel Iaten (structural model). Hasil penelitian menunjukan variabel kesadran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (C.R 1, 735 > P 0,083), variabel persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (C.R I ,460 > P 0, 144), variabel asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (C.R 1, 776 > P 0,076), dan variabel loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (C.R 3, 164 > 0,002). Model fit dengan data yang ada berdasarkan kriteria Goodness-of Fit Index dengan hasi l evaluasi Chi Square 230,886 dengan tingkat signifikansi 0,00 dan nilai RMSEA (0, 130), GFl (0,753), AGFl (0,656), CMIN/df (I ,540), TLI (0,609) dan CFI (0,679). Kata kunci : keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya