Abstract :
Penelitian ini betujuan untuk mengetabui pengarub biaya personal selling
dan biaya promosi terbadap omzet penjualan pada PT. Prima Karya Agung.
Adapu variabel yang digunakan diman Y= omzet penjualan dan X1 = biaya
personal selling serta X2=biaya promosi penjualan. Data menggunakan rumus
regresi berganda dan uji t serta uji F. Dari basil penelitian menggunakan program
eviews menunjukan babwa basil regresi adalah Y= 29963339 + ( -0.000926) X 1 +
0.013820 X2 , SE (1654250) (0.000981) (0.000991),t-stat(18.11294) (-0.944364)
(13.94422), R= 0.849243, F-stat= 99.58102, n= 36, a= 0,05, df =33, Nilai
Adjusted R-squared = 0.849243 menandakan babwa variasi dalam variabel
dependen mampu dijelaskan secara serentak oleb variabel - variabel personal
selling ( X1 ) dan promosi penjualan ( X2 ) sebesar 84,92%, sedangkan sisanya
sebesar 15,08% dijelaskan oleb faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam
penelitian. berdasarkan basil uji t variabel personal selling ( X1 )
t-stat = -0,94 < t-tabel 1,692 tidak berpengarub signifikan terbadap variabel Y.
Variabel promosi penjualan ( X2 ) t-stat = 13.94 >t-tabel = 1,692 berpengarub
signifikan terbadap variabel Y, Pengujian secara serentak ( Uji F ) ada atau
tidaknya pengarub yang signifikan secara serentak yang melibatkan 2 ( dua )
variabel terbadap variabel Y menggunakan distribusi F yaitu membandingkan
F-stat = 99,5 > F-tabel = 2,26 maka dapat disimpulkan variabel X1 dan X2 secara
serentak mempunyai pengarub yang sangat signifikan terbadap perubaban
variabel Y. Disimpulkan uji babwa pengarub biaya personal selling tidak
berpengarub signifikan terbadap omzet penjualan sedangkan biaya promosi
penjualan berpengarub signifikan terbadap omzet penjualan, dikarenakan biaya
personal selling cukup rendab jika dibandingkan dengan omzet yang diterima dan
biaya promosi penjualan cukup tinggi sebinnga mempengarubi omzet penjualan.
Kata Kunci : Personal Selling, Promosi Penjualan, Omzet Penjualan,Regresi
Berganda, Eviews