DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI TAHU DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Total View This Week10
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Elmayanti, Weni
Subject
 
Datestamp
2021-12-15 09:28:30 
Abstract :
Strategi pengembangan adalah sekumpulan tujuan, kebijakan, perencanaan, dan aktivitas perusahaan yang ditujukan untuk mengidentifikasi kesempatan bisnis di tengah pasar dan mempertahankan kelangsungan bisnis atau mencapai kesuksesan bisnis. Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui strategi pengembangan home industri tahu di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala pengembangan home industri tahu di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey atau wawancara langsung. Sedangkan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sample (sengaja) di tiga desa yaitu desa Masbagik Selatan, desa Danger, dan desa Masbagik timur dengan pertimbangan bahwa ketiga desa tersebut merupakan desa penghasil tahu di Kecamatan Masbagik. Jumlah responden sebanyak 29 orang yang telah ditentukan secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor internal dan eksternal memiliki skor yang sama yaitu 2,34. Artinya pada matriks IE posisi home industri tahu berada pada sel V (Pertumbuhan Stabil) yaitu menjaga dan mempertahankan. Dalam posisi tersebut strategi yang bisa diterapkan ialah melalui pengembangan produk usaha baik pengolahan hasil usaha dan pengembangan pemasaran dengan cara memperluas wilayah pemasaran. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini yatu kelengkapan peralatan produksi dimana alat yang digunakan masih manual atau tradisional karena apabila memakai mesin terkendala pada modal dan harga bahan baku dimana harga kedelai yang cukup mahal. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani