Abstract :
Strategi pengembangan adalah sekumpulan tujuan, kebijakan,
perencanaan, dan aktivitas perusahaan yang ditujukan untuk mengidentifikasi
kesempatan bisnis di tengah pasar dan mempertahankan kelangsungan bisnis atau
mencapai kesuksesan bisnis. Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui
strategi pengembangan home industri tahu di Kecamatan Masbagik Kabupaten
Lombok Timur, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala pengembangan home
industri tahu di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.
Penelitian ini menggunakan metode “deskriptifâ€. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik survey atau wawancara langsung.
Sedangkan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sample
(sengaja) di tiga desa yaitu desa Masbagik Selatan, desa Danger, dan desa
Masbagik timur dengan pertimbangan bahwa ketiga desa tersebut merupakan desa
penghasil tahu di Kecamatan Masbagik. Jumlah responden sebanyak 29 orang
yang telah ditentukan secara sensus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor internal dan
eksternal memiliki skor yang sama yaitu 2,34. Artinya pada matriks IE posisi
home industri tahu berada pada sel V (Pertumbuhan Stabil) yaitu menjaga dan
mempertahankan. Dalam posisi tersebut strategi yang bisa diterapkan ialah
melalui pengembangan produk usaha baik pengolahan hasil usaha dan
pengembangan pemasaran dengan cara memperluas wilayah pemasaran.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini yatu kelengkapan
peralatan produksi dimana alat yang digunakan masih manual atau tradisional
karena apabila memakai mesin terkendala pada modal dan harga bahan baku
dimana harga kedelai yang cukup mahal.