DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII DI MTS DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Total View This Week9
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Hadi, Samsul
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2021-12-16 03:58:13 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas VII MTs Darussholihin NW Kalijaga Kecamatan Aikmel Lombok Timur tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana, populasinya sebanyak 50 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan B. Kemudian dua kelas yang dijadikan sebagai kelas sampel yaitu kelas A sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah dan kelas B sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test untuk mengetahui prestasi belajar.Tes dilakukan dua kali ulangan yaitu ulangan pertama dilakukan sebelum memulai pembelajaran (pre-test) dan ulangan kedua dilakukan setelah melakukan pembelajaran (post-test). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Rumus Uji T dengan alasan untuk melihat taraf signifikansi dari pengaruh - pengaruh metode Jigsaw terhadap prestasi belajar Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Jigsaw mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada MTs Darussholihin NW kalijaga tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa t - hitung = ( 3,48) > t - tabel = ( 1,676 ) (r-hitung lebih besar dari r-tabel) pada taraf signifikan 5 %. Dengan demikian Hipotisis Alternatef (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan prestasi belejar siswa kelas VII di MTs Darussholihin NW Kalijaga selatan” diterima. Dengan kata lain berdasarkan buktibukti yang diterima dapat diungkapkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara Metode Jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik pada MTs Darussholihin NW Kalijaga Desa Kalijaga kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan pembelajaran ini siswa lebih aktif untuk melakukan pembelajaran dan siswa bisa berkerja berkelomok untuk menyelesaikan tugas maka dari itulah pembelajaran ini sangatlah cocok apabila diterapkan pada sekolah sehingga bisa menambah prestasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani