Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan
metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas VII
MTs Darussholihin NW Kalijaga Kecamatan Aikmel Lombok Timur tahun Pelajaran
2012/2013.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana, populasinya
sebanyak 50 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan B. Kemudian dua kelas yang
dijadikan sebagai kelas sampel yaitu kelas A sebagai kelas kontrol yang diajar dengan
metode pembelajaran ceramah dan kelas B sebagai kelas eksperimen yang diajar
dengan metode pembelajaran Jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode test untuk mengetahui prestasi belajar.Tes dilakukan dua kali ulangan
yaitu ulangan pertama dilakukan sebelum memulai pembelajaran (pre-test) dan
ulangan kedua dilakukan setelah melakukan pembelajaran (post-test). Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Rumus Uji T dengan alasan
untuk melihat taraf signifikansi dari pengaruh - pengaruh metode Jigsaw terhadap
prestasi belajar
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Jigsaw mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada MTs
Darussholihin NW kalijaga tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan
hasil analisis data yang menunjukkan bahwa t - hitung = ( 3,48) > t - tabel =
( 1,676 ) (r-hitung lebih besar dari r-tabel) pada taraf signifikan 5 %. Dengan
demikian Hipotisis Alternatef (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan prestasi belejar siswa kelas VII di MTs
Darussholihin NW Kalijaga selatan†diterima. Dengan kata lain berdasarkan buktibukti yang diterima dapat diungkapkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara Metode
Jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik pada MTs Darussholihin NW Kalijaga
Desa Kalijaga kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok timur Tahun Pelajaran
2012/2013.
Dengan pembelajaran ini siswa lebih aktif untuk melakukan pembelajaran dan
siswa bisa berkerja berkelomok untuk menyelesaikan tugas maka dari itulah
pembelajaran ini sangatlah cocok apabila diterapkan pada sekolah sehingga bisa
menambah prestasi belajar siswa.